Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data empiris mengenai pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing terhadap retensi siswa yang ditinjau dari motivasi belajar yang berbeda di SMPN 1 Tiworo Tengah. Desain penelitian ini adalah quasiexperimentdengan faktorial 2x2. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes retensi berupa soal pilihan kemudian dianalisis menggunakan uji manova pada Software SPSS 21 pada α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwatidak ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap retensi peserta didik,ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap retensi peserta didik dan ada pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap retensi peserta didik. Kata Kunci:Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Inkuiri Terbimbing, Retensi, Motivasi Belajar.
Copyrights © 0000