Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Tasikmalaya Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai dengan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperiment dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Tasikmalaya sebanyak 5 kelas berjumlah 177 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA-3 Sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA-2 sebagai Kelas Kontrol. Instrumen penelitian berupa test of Scientifik Literacy Skill sejumlah 40 soal pilihan majemuk. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikasi (α) = 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung terletak di daerah penolakan Ho dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap keterampilan literasi sains peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Tasikmalaya.
Copyrights © 2019