Pendidikan saat ini masih terbiasa dengan menggunakan model pembelajaran yang monoton, tidak mengarah kepada kegiatan kolaboratif berupa proyek dan selain itu media pembelajaran masih selalu berorientasi pada produk yang dibuat oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengaruh model pembelajaran berbasis proyek Pop Up Book dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep daur biogeokimia kelas X MIPA. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Kabupaten Ciamis pada bulan April 2019. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Dari 8 kelas yang dipilih, kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol sedangkan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan berdasarkan hasil uji t hasil belajar diperoleh thitung= -43,32 dan ttabel= 2,03. Perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel jadi Ha diterima atau tolak Ho. Hal ini dapat diartikan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol ada perbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek Pop Up Book terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep daur biogeokimia kelas X.
Copyrights © 2019