SN-Biosper
Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya I Tahun 2019 ISBN: 978-602-9250-40-4

EFEKTIVITAS METODE BRAINSTORMING DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP CHORDATA

Diah Fitri Astuti Ningrum (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)
Edi Hernawan (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)
Dani Ramdani (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2020

Abstract

Abad 21 ditandai dengan knowledge-based society dan persaingan yang ketat. Kecakapan hidup yang penting pada abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub konsep Chordata. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah 248 peserta didik kelas X MIPA. Sampel yang digunakan sebanyak 71 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan bepikir kritis menurut Robert Ennis yang terdiri dari lima indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik berupa soal uraian sebanyak 12 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji Chi kuadrat dan uji Fmaksimum. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Hasil perhitungan uji-t diperoleh harga thitung sebesar 2,00. Harga ttabel pada taraf signifikan (ɑ) = 0,05 adalah 1,27. Karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (2,00>1,27), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian metode brainstorming berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub konsep Chordata.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biosper

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya (SN Biosper) merupakan kegiatan forum ilmiah yang diselenggarakan setiap tahun (annual) oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jembatan untuk ...