Self esteem sangat dibutuhkan untuk semua orang terlebih lagi untuk remaja yang berada di tingkat sekolah menengah atas karena dapat membantu mengaktifkan faktor pendorong peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajarnya dalam pembelajaran biologi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan motivasi berprestasi peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas XII MIPA SMAN 9 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas XII MIPA. Sampel penelitian diambil dari kelas XII MIPA 2 sebanyak 31 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk kedua variabel yaitu instrumen non tes berbentuk angket. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi bivariat Pearson dan uji regresi sederhana dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara self esteem dengan motivasi berprestasi. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,533 yang berarti kekuatan korelasi kedua variabel berada pada kategori sedang. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,285. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi dari self esteem terhadap motivasi berprestasi peserta didik adalah sebesar 28,5%, sedangkan sisanya 71,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil kategorisasi dari kedua aspek, pada variabel motivasi berprestasi capaian skor peraspek yang tertinggi ada pada aspek waktu penyelesaian tugas, sedangkan yang terendah yaitu aspek tanggung jawab. Sedangkan pada variabel self esteem capaian skor peraspek yang tertinggi yaitu aspek power, sedangkan yang terendah ada pada aspek significance.
Copyrights © 2021