Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 1, No 1 (2018): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN METODE PQ4R UNTUK MENANAMKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Suryatul Aini Asyhara (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Tina Yuniarti (Universitas Lampung)
Asmiati Asmiati (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika denganmetode PQ4R untuk menanamkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. PQ4R adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan membaca. Kegiatan dalam proses pembelajarannya yaitu preview, question, read, reflect, recite dan review. Kemampuan pemahaman konsep matematis kemampuan siswa dalam menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan suatu konsep matematika.Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Daarul Ma’arif tahun pelajaran 2016/2017 yang memiliki karakter berpikir menengah ke bawah. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjuka bahwa pengembangan bahan ajara matematika dengan metode PQ4R efektif jika bahasa yang digunakan jelas, dibuat keterangan penjelas pada langkah-langkah penyelesaian pada contoh soal, latihan yang dibuat jangan terlalu banyak dan sebaiknya berbentuk soal cerita. Sebagian besar siswa menyukai bahan ajar matematika ini dan bahan ajar ini dapat menanamkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...