DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 3, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN CELOPERDAM (CELEMEK ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR

NURIL ISKARIMA (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
JOKO SISWANTO (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
VERYLIANA PURNAMASARI (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya nilai siswa khususnya pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah yang diakibatkan oleh proses pembelajaran yang kurang aktif, kreatif, dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan, kelayakan dan kevalidan media CELOPERDAM pada siswa kelas V di dua sekolah yaitu SDN 1 Purwokerto, dan SDN 2 Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE metode yang digunakan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian ahli validasi media pembelajaran, ahli validasi materi pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa. Perolehan hasil nilai validasi ahli media sebanyak 90% dengan kriteria “sangat baik” dan nilai validasi materi sebanyak 84% dengan kriteria “sangat baik”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 1 Purwokerto tahun ajaran 2020/2021. Hasil dari perolehan nilai rata-rata pretest 25,8 dengan kriteria “sangat kurang” dimana nilai tertinggi 50 dan nilai terendah 10. Sedangkan perolehan nilai rata-rata posttest siswa sebanyak 82 dengan kriteria “sangat baik” dimana nilai tertinggi sebanyak 100 dan nilai terendah 60. Jadi Hal ini menunjukkan selisi peningkatan sebesar 56,2. Dengan ini membuktikan bahwa Media CELOPERDAM (Celemek Organ Peredaran Darah Manusia) materi sistem peredaran darah manusia mata pelajaran IPA dinyatakan valid, praktis dan sudah memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Media Scrapbook, pembelajaran tematik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dwijaloka

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is a journal which publish articles concerned with education in elementary, junior, and high schools. Basic is published in March, July, and November ...