Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi seni kriya anyaman pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kluwan Penawangan serta untuk Mendeskripsikan bentuk karakter kerjasama siswa kelas V dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi seni kriya anyaman SD Negeri 02 Kluwan Penawangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 di kelas V SD Negeri 02 Kluwan Penawangan Kabupaten Grobogan, dengan jumlah peserta didik 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan diambil sampel 5 siswa antara lain 3 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi seni kriya anyaman siswa kelas V di SD Negeri 02 Kluwan Penawangan berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang meliputi kegiatan pra pembelajaran, awal, inti, dan akhir. Pembelajaran SBdP materi seni kriya anyaman didukung dengan komponen yang meliputi tujuan, materi, metode, dan media. 2) Bentuk karakter kerjasama siswa kelas V di SD Negeri 02 Kluwan Penawangan yang tampak pada pelaksanaan pembelajaran SBdP berupa menghargai hasil karya orang lain, menampilkan hasil karya sesuai giliran, berbagi tugas sesuai tanggung jawab, berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas, berupaya mencapai keberhasilan bersama, dan berupaya menghindari konflik.Kata Kunci: Pembelajaran, Seni Budaya, Seni kriya AnyamanÂ
Copyrights © 2022