Resiliensi pada anak usia dini dapat diartikan sebagai kemampuan anak dalam menyesuaikan diri terhadap berbagai situasi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan resiliensi anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 17 orang tua anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan resiliensi anak usia dini mengikuti pembelajaran daring tergolong sangat baik. Kemampuan resiliensi setiap anak dapat di simpulkan sudah berkembang sangat baik, hal ini didasarkan pada proses pelaksanaan pembelajaran daring anak mengikuti dengan baik. Hasil persentase menunjukan 79% yang berada pada interval 76%-100% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan maka kemampuan resiliensi anak ketika dalam pembelajaran daring dapat dinyatakan sangat baik resiliensi (daya tangguh) anak usia 5-6 tahun.
Copyrights © 2022