Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 5 No 2 (2021): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan Di UPT BLK Wonojati Malang

Nurul Fitriani (Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang)
Sri Wahyuni (Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Malang)
Edi Widianto (Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Kecerdasan emosional adalah salah satu bentuk kecerdasan yang dimiliki setiap manusia dan berpengaruh dalam kesuksesan seseorang. Kecerdasan emosional dapat dipelajari dan dilatih, salah satunya dengan mengikuti pelatihan. Salah satu lembaga yang memiliki program pelatihan kerja adalah UPT BLK Wonojati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional peserta pelatihan, mendeskripsikan kesiapan kerja peserta pelatihan dan menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja peserta pelatihan di UPT BLK Wonojati. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 195 peserta pelatihan. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) kecerdasan emosional peserta pelatihan di UPT BLK Wonojati berada dalam kategori tinggi, (b) kesiapan kerja peserta pelatihan di UPT BLK Wonojati berada dalam kategori baik dan (c) terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja peserta pelatihan UPT BLK Wonojati.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...