Integral : Pendidikan Matematika
Vol 12 No 2 (2021): INTEGRAL

KURIKULUM MATEMATIKA PENDIDIKAN DASAR DI MALTA DAN INDONESIA

Nurina Hidayah (Universitas Pekalongan)
Iwan Junaedi (Universitas Negeri Semarang)
Mulyono Mulyono (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Tujuan pendidikan nasional dapat tercapai melalui kurikulum yang dapat menjawab tuntutan masyarakat. Membandingkan kurikulum dengan negara lain memiliki tujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan. Setelah diketahui persamaan dan perbedaan dari negara lain dapat dijadikan masukan kepada pemerintah untuk menyesuaikan kurikulum yang sedang berlaku. Penelitian ini melihat perbandingan kurikulum matematika pendidikan dasar yaitu kelas 1 (usia tujuh tahun) negara Malta dan Indonesia. Setelah dilakukan analisis didapatkan bahwa dari tujuan pendidikan nasional, jenjang pendidikan, cakupan materi matematika, dan pendekatan pembelajaran yang serupa. Perbedaan kurikulum matematika kelas 1 sekolah dasar tidak begitu nampak. Hal ini karena keterbatasan penelitian kedalaman topik yang dibahas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNR

Publisher

Subject

Mathematics

Description

INTEGRAL: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang ...