Jurnal Pendidikan Islam
Vol 10 No 2 (2020)

PENERAPAN METODE LEARNING COMMUNITY PADA PEMBELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA DI MTS BABUSSALAM KEMIRI KECAMATAN PUSPO PASURUAN

Sri Wahyuni (STAI Mempawah Kalimantan Barat)
Agung Is Hardiyana Febry (Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Bangil)
Indhra Musthofa (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2020

Abstract

AbstrakArtikel ini membahas tentang penerapan metode learning community dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa MTs Babussalam Kemiri Kecamatan Puspo Pasuruan. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) Prestasi belajar, (2) Penerapan metode Learning Community dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan meningkatkan prestasi belajar pada siswa MTs Babussalam Kemiri Kecamatan Puspo Pasuruan. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun temuan menunjukkan bahwa: (1) Guru harus memiliki strategi dalam model pembelajaran agar siswa dengan mudah untuk mencerna materi yang diajarkan, salah satunya adalah membagi kelompok agar nanti siswa bisa mengutarakan pendapat melalui hasil kerja kelompoknya dan diwajibkan semua kelompok mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh audien, sehingga siswa bisa berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan baik terhadap semua temannya dan tidak sungkan untuk bertanya dan mengutarakan hal yang belum mereka pahami. (2) Penerapan Learning Community dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa MTs Babussalam Kemiri Kecamatan Puspo Pasuruan, dalam penerapannya sangat baik karena sudah dibimbing oleh guru SKI yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences

Description

The journal focuses scope on specializes in Indonesian Islamic education in particular, and Southeast Asian Islamic education in general, and is intended to communicate original research and current issues on the subject. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the ...