al muttaqin
Vol. 2 No. 2 (2021)

Peningkatan Belajar Membaca Huruf Abjad dengan Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Kelas 1. (Study Kasus Anak yang Mengalami Kesulitan Membaca)

nur arofah tis'ina (sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto)
Dian Febrianingsih (STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu dimensi yang sangat penting dalam berperan. Dengan itu kita sebagai pendidik harus memberikan hak pada anak didik kita untuk pola perkembangan anak tersebut. Yang bertujuan untuk mencerdaskan anak didik kita agar tidak ada keterlambatan dalam perkembangannya. Membaca adalah suatu tuntutan pada anak-anak didik kita, untuk agar bisa membaca. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah kita sebagai pendidik memberikan motivasi pada anak didik kita yang memiliki kemampuan rendah dalam artian yang tidak sama dengan teman lainnya. Agar tidak tertinggal dengan temannya. Subjek dalam penelitian ini siswa yang kurang mampu dalam mengingat huruf abjad. Hasil penelitian ini ada pembagian 3 kelompok dalam menyaring siswa. Dan dengan menggunakan Metode Fernald ada perubahan pada siswa yang awalnya belum mengenal huruf abjad dengan baik, maka siswa ini sudah mulai hafal dengan huruf abjad. Meski ada satu siswa yang masih beberapa menghafalnya. Dan siswa tersebut membutuhkan perhatian yang lebih intens. Kita sebagai guru dan orang tua jangan pernah lelah untuk memberikan motivasi pada anak tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

almuttaqin

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal AL-MUTTAQIN diterbitkan oleh kampus STAI-SAM, Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto, AL-MUTTAQIN merupakan majalah ilmiah yang memplubikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang ekonomi, pendidikan dan manajemen serta infomasi ...