MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN
Vol 9, No 2 (2021): MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN

ABILITY TO COMPOSE NUMERATION LITERACY QUESTIONS BASED ON ACMI'S SKILLS THROUGH BLENDED LEARNING

Nurlaila Sehuwaky (Institut Agama Islam Negeri Ambon)
Ajeng Gelora Mastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kompetensi literasi numerasi peserta didik berdasarkan standar AKMI dikategorikan dalam lima level kemahiran. Hasil AKMI menjadi dasar perbaikan desain pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun soal literasi numerasi berdasarkan level kemahiran AKMI melalui metode blended learning. Subjek penelitian adalah guru madrasah ibtidaiyah (MI) se-Jawa Timur yang berjumlah 63 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian kemampuan menyusun soal, lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis hasil soal yang disusun oleh guru, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal-soal literasi numerasi berdasarkan level kemahiran AKMI, yang ditunjukkan dengan rata-rata capaian kemampuan guru di siklus I pada minimal level cakap sebesar 54%, dan pada siklus I telah meningkat menjadi 96,8%. Penerapan Blended Learning juga mengalami peningkatan, yakni sebesar 70% pada Siklus I dan mencapai 93% pada siklus II

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

INT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Mathematics

Description

Jurnal Matematika dan Pembelajaran is an academic journal, publishing two issues per year (June and December). It is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat of Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Indonesia. This journal seeks to provide a venue for sharing new ...