Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Persamaan Linear Menurut Polya Ditinjau dari Self Confidence Siswa

Indah Atika Sari (Universitas PGRI Semarang)
Rasiman Rasiman (Universitas PGRI Semarang)
Rizky Esti Utami (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan SMP dalam memecahkan masalah persamaan linear menurut Polya ditinjau dari Self Confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Manggar yang berjumlah 15 siswa. Dari kelas tersebut kemudian dipilih 3 siswa yang mewakili kempok Self Confidence tinggi, sedang, dan rendah untuk dijadikan subjek wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket Self Confidence ,tes kemampuan pemecahan masalah persamaan linear yaitu materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kemampuan pemecahan masalah persamaan linear siswa dengan tingkat Self Confidence tinggi mampu memenuhi indikator 1, 2, 3, dan 4 pemecahan masalah menurut Polya; 2) Kemampuan pemecahan masalah persamaan linear dengan tingkat Self Confidence sedang hanya memenuhi indikator 1 dan 2 pemecahan masalah menurut Polya; 3) Sedangkan kemampuan pemecahan masalah persamaan linear dengan tingkat Self Confidence  rendah tidak mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 maupun 4 pemecahan masalah menurut Polya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...