Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
Vol. 4 No. 02 (2021): Jurnal Sport, Physical Education and Empowerment (JSPEED) Volume 4 Nomor 02 No

Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas dengan Penerapan Modifikasi Alat Bantu

Asrori Yudha Prawira (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Faridatul A’la (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Qorry Armen Gemael (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Eko Prabowo (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode melatih menggunakan alat bantu botol dan alat bantu dayung tangan terhadap kecepatan renang gaya bebas.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two group pretest-posstest design”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi sekolah renang Akuatik Jakarta Timur yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk dalam probability sampling dengan kriteria Sampel adalah (1) perenang kelas progressive, (2) Sampel masih bersekolah SD dan SMP, (3) Sampel yang digunakan harus terdaftar sebagai anggota Sekolah reang Akuatik Jakarta Timur, (4) Perenang sudah memulai latihan minimal 3 bulan terakhir dan (5) Bersedia mengikuti treatment sebanyak 16 kali. Analisis data menggunakan uji t test. Penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh latihan menggunakan alat bantu pelampung terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, dengan t hitung 3,053 > t tabel 2,131 dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05, dengan selisih peningkatan sebesar 0,83. (2) ada pengaruh latihan tanpa menggunakan alat bantu pelampung terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, dengan t hitung 2,840> t tabel 2,131 dan nilai signifikansi 0,047 < 0,05, dengan selisih peningkatan sebesar 0,66. (3) metode melatih menggunakan alat bantu pelampung lebih efektif daripada tanpa menggunakan alat bantu pelampung terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, dengan t hitung 0,268 < t tabel 1,859 dan nilai signifikan 0,795 > 0,05, dengan selisih rata-rata posttest sebesar 0,47.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Education

Description

JSPEED Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang yang menerbitkan artikel hasil penelitian dibidang pendidikan Jasmani,dan olahraga. JSPEED terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu di bulan Mei dan November. ...