MANASA, Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol 3 No 1 (2014): Juni, 2014

PENGARUH PRESENTASI IKLAN DENGAN METODE CENTRAL ROUTE DAN PERIPHERAL ROUTE TERHADAP INTENSI MEMBELI CELANA JEANS

Elizabeth Lydia (Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya)
Miracle Elizabeth (Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya)
Amelia Gunawan (Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya)
Thea Zaprilla (Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya)
Arnold Lukito (Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya)
Angela Oktavia Suryani (Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Kegiatan belanja telah mengalami pergeseran fungsi dari memenuhi kebutuhan hidup menjadi gaya hidup atau status sosial. Pergeseran ini menimbulkan banyak permintaan terhadap celana jeans sehingga memicu persaingan ketat dalam promosi yang dilakukan oleh produsen. Bentuk promosi yang efektif adalah iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan intensi membeli produk celana jeans berdasarkan iklan yang dihadirkan dengan metode central route dan peripheral route bagi dewasa muda. Desain penelitian ini adalah one group sample repeated t-test. Sebanyak lima puluh dua mahasiswa fakultas psikologi Unika Atma Jaya Jakarta (FPUAJ) terlibat dalam eksperimen setelah direkrut dengan metode convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan intensi membeli produk celana jeans secara signifikan, saat dihadapkan pada iklan dengan metode peripheral route persuasion partisipan memiliki intensi membeli yang lebih tinggi dibandingkan saat dihadapkan pada iklan yang disajikan dengan metode central route. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi produsen dalam memilih metode iklan yang digunakan untuk promosi produk celana jeans.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

Manasa

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

AIMS AND SCOPE Manasa publishes papers that focus on understanding human behavior as individuals and groups which include in any organization/school/community setting in regard to their personality, emotions, cognition, behavior, and any other psychological aspects and processes, ranging from ...