Jurnal Optimalisasi
Vol 8, No 1 (2022): April

Segmentasi Pelanggan Distributor Daging Sapi Menggunakan Pendekatan Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan Fuzzy C-Means Clustering

Paduloh Paduloh (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Murwan Widyantoro (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Jasan Supratman (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Pengembangan produk dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal penting yang dilakukan dalam industri. Dalam Industri daging sapi hal tersebut penting sekali dilakukan dalam rangka mengantisipasi perubahan permintaan terutama dalam kondisi pandemi dimana permintaan pasar cepat sekali berubah. Dalam penelitian ini akan dilakukan Segmentasi pelanggan dalam rangka pengembangan produk dan pengembangan pelanggan.  Dalam penelitian ini segmentasi pelanggan dilakukan dengan metode kombinasi antara analisis pada data transaksi pelanggan selama tiga tahun di distributor daging sapi. Proses pemilihan menggunakan software RStudio 3.1.1. Dari hasil penelitian didapatkan pelanggan daging sapi terbagi menjadi  3 pemilihan pelanggan, berdasarkan data pelanggan selama tiga tahun. Dari cara pemilihan  tersebut, cluster 2 merupakan kelompok pelanggan yang potensial atau baik sedangkan cluster 3 merupakan kelompok customer dengan tingkat loyalitas yang rendah terhadap perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joptimalisasi

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JURNAL OPTIMALISASI (JOPT) merupakan jurnal elektronik online yang diterbitkan oleh Program studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar. JOPT memuat kajian dibidang Manufaktur, Ergonomi dan Manajemen Rantai Pasok. Tujuan penerbitan jurnal optimalisasi adalah sebagai wadah ...