Jurnal Eduscience (JES)
Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES)

PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS

Nurul Fajri (Universitas Negeri Padang)
Ahmad Rivauzi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan Penguatan pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas dengan menerapkan nilai-nilai karakter dalam design silabus dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2) Melaksanaan pembiasaan sikap/karakter sebelum memulai pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Kelas di satuan pendidikan dilaksanakan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) melaksanakan pembiasaan sikap dan karakter sebelum memulai pembelajaran, mengelola kelas dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter, menerapkan model dan metode pembelajaran yang mendukung nilai-nilai karakter, mengaitkan isi pembelajaran dengan Penguatan Pendidikan Karakter, memfasilitasi peserta didik untuk menumbuhkembangkan karakter, mencatat perkembangan karakter peserta didik, memberikan umpan balik kepada peserta didik tentang karakter yang dirancang dalam RPP.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...