Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 3 No. 02 (2022): Februari

Kesesuaian Materi Dan Evaluasi dengan Kompetensi Dasar pada Buku Teks Sekolah Dasar

Millatus Sholikhah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Atikah Mumpuni (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Diah Sunarsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesesuaian materi dan evaluasi ranah kognitif dengan kompetensi dasar dalam buku yang digunakan peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesesuaian materi dan evaluasi pada buku teks terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kelas V semester 1 tema 1(Organ Gerak Hewan dan Manusia) yaitu materi dan evaluasi sudah sesuai dengan kompetensi dasar ranah kognitif (KI-3), namun terdapat isi materi yang tidak memuat semua materi pokok, dan terdapat kesalahan atau ketidaktepatan dalam penulisan istilah. (2) Kesesuaian materi dan evaluasi pada buku teks penerbit Zamrud kelas V semester 1 tema 1(Organ Gerak Hewan dan Manusia) yaitu materi pada buku teks penerbit Zamrud sesuai dengan kompetensi dasar ranah kognitif (KI-3), namun terdapat isi materi yang terkadang tidak memuat semua materi pokok, terdapat kesalahan atau ketidaktepatan konsep dan definisi materi/bacaan. Evaluasi buku teks penerbit Zamrud kurang sesuai dengan kompetensi dasar ranah kognitif (KI-3). Terdapat soal uraian yang tidak sesuai dengan kompetensi dasar KI-3, serta terdapat beberapa soal yang muatan/isi materi sesuai dengan tingkatan/jenjang kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...