Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 3 No. 02 (2022): Februari

Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI

Konilah Konilah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Diah Sunarsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Agus Purnomo (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Proses pembelajaran peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda sehingga penting bagi pendidik mengetahui gaya belajar yang dimiliki peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran matematika yang menunjukkan karakter visual yaitu peserta didik mampu memahami soal dengan cara membacanya sendiri, tidak bisa berkonsentrasi apabila keadaan sekitar kacau, membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menyelesaikan soal dan memerlukan penggaris serta contoh soal beserta penyelesaiannya secara tertulis. Gaya belajar yang menunjukkan karakter auditori yaitu peserta didik lebih paham jika soal dibacakan oleh guru, mampu menyampaikan informasi yang didapat dari hasil pekerjaannya secara lisan, tidak bisa berkonsentrasi apablia keadaan sekitar berisik dan lebih paham apabila guru menjelaskan materi secara lisan. Gaya belajar yang menunjukkan karakter kinestetik yaitu peserta didik lebih suka menyelesaikan soal secara kelompok, mencari informasi dengan cara menghampiri temannya, tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan soal jika harus duduk tenang dengan waktu lama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...