Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 2, April 2022

Implementasi Metode Al-Husna di SDIT Izzudin Palembang

Mutia Dewi (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)
Amir Hamzah (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)
Novia Ballianie (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)
Tutut Handayani (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)
Nurlaeli Nurlaeli (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode al-husna di SDIT Izzudin Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini memusatkan pada penggunaan metode Al-Husna dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implemntasi metode al-husnadi SDIT Izzudin diawali dengan perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Al-Husna terdiri dari pembuatan RKH (Rencana, Kegiatan Harian) yang dibuat sesuai dengan indikator yang ada. Selain itu juga menyiapkan alat peraga seperti buku cerita dari Al-Husna, peraga kartu kecil berukuran 5x5 cm untuk kegiatan individual serta alat peraga kelas yang akan digunakan dalam pembelajaran. Tahapan-tahapan pelaksanaan metode Al-Husna di SDIT Izzudin palembang adalah perencanaan, pelaksanaan, tahap akhir. Hasil akhir menunjukan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an anak dan mempermudah anak menghapal huruf langsung, mengenal makhraj dan ma’d. Faktor pendukung nya meliputi ruang kelas, waktu, evaluasi, fasilitas yang lengkap dan guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...