Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 2, April 2022

Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah

Tuti Marlina (Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fitrah, Surabaya)
Noor Halidatunnisa (Sekolah Tinggi Ilmu Qur'
an Amuntai)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Isu literasi di dunia pendidikan menjadi isu yang cukup ramai dibicarakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dan madrasah dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan kementerian pendidikan dan kebudayaan serta kementerian agama makin marak melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan untuk pada pendidikan di lingkungan pendidikan. Literasi yang sudah dilaksanakan di lingkungan pendidikan diantaranya adalah literasi membaca, literasi sosial budaya, literasi numerasi, dan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana penerapan literasi sosial budaya di lingkungan sekolah dan madrasah. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan cara mengumpulkan sumber-sumber tertulis yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik content analisis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa literasi sosial budaya yang perlu diajarkan kepada siswa adalah komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif dan inklusif. Penerapannya dikawal oleh kepala sekolah dan bekerjasama dengan seluruh guru serta warga sekolah dengan memasukkannya ke dalam system pembelajaran sesuai dengan jenjang kemahiran yang dimiliki oleh siswa. Hasil yang diharapkan dari pembelajaran literasi sosial budaya tersebut diharapkan menghasilkan generasi yang cinta akan identitas bangsanya, saling menghormati antar suku yang beragam di Indonesia, menolak dan berpartisipasi dalam mengatasi ragam kekerasan di lingkungan sekolah dan masyarakat serta bersikap terbuka dan mengayomi terhadap siswa dengan keterbatasan fisik. Penelitian ini berkontribusi terhadap ragam isu literasi di dunia pendidikan dan bisa memperkaya pengetahuan guru terhadap bagaimana mengimplementasikannya dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...