Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 2, April 2022

Layanan Pendidikan Anak Lamban Belajar (Slow Learner) di Sekolah

Mastur Mastur (IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk)
Nik Haryanti (IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

 Tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan layanan pendidikan bagi siswa lamban belajar di SDN 2 Betak Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian  adalah:  Pelaksanaan layanan guru dalam hal modifikasi alokasi waktu pembelajaran bagi siswa lamban belajar di kelas dilakukan dengan: guru  memberikan bimbingan untuk siswa yang lambat dalam belajar dengan memberikan jam tambahan di luar jam pelajaran,   guru memodifikasi isi atau materi pembelajaran bagi siswa lamban belajar di kelas  dilakukan dengan penurunan  tingkat  kesulitan  materi  suatu  mata  pelajaran dan memberikan perhatian yang lebih pada siswa lambat belajar saat penyampaian  materi  pembelajaran.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...