Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 2, April 2022

Pengaruh Keterampilan Guru Matematika Mengadakan Variasi Dalam Menggunakan Aplikasi Google Meet Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Pada Masa Pandemi

Yulia Saraswati (Program Pasca Sarjana Universitas Terbuka)
Tita Rosita (Program Pasca Sarjana Universitas Terbuka)
Tian Abdul Aziz (Program Pasca Sarjana Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Pada masa covid-19 Keterampilan guru mengajar menggunakan media daring menjadi factor kurangnya dalam pembelajaran. Kurangnya Keterampilan guru dipengaruhi oleh motivasi mengajar yang menurun saat pandemic. Akibatnya penurunan kinerja pada pembelajaran matematika inipun menurun. Pada penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi dalam menggunakan aplikasi Google Meet dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru pada pembelajan matematika kelas V di gugus II SD Kecamatan Jatiasih. Metode pada ini penelitian menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui angket Skala Likert. Metode pada ini penelitian menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data melalui angket Skala Likert. Sampel yang digunakan Convenience Sampling dengan jumlah sampel 100 guru matematika SD. Teknik analisis data menggunakan regresi. Keterampilan guru mengadakan variasi  dalam menggunakan aplikasi Google meet dan motivasi mengajar mempunyai pengaruh yang sigifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran matematika kelas V di SD gugus II kecamatan Jatiasih, dengan besar pengaruh Keterampilan guru mengadakan variasi  dalam menggunakan aplikasi Google meet dan motivasi adalah 63,95 %. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh  keterampilan guru mengadakan variasi  mengadakan variasi dalam menggunakan aplikasi Google Meet dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru pada pembelajaran matematika kelas V di SD gugus II di kec. Jatiasih di masa pandemi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...