Abstrak Objek penelitian ini adalah PT Bahana Cahaya Sejati cabang Lampung Jl. Z.A Pagar Alam No. 111 Rajabasa Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di lokasi lingkungan kantor PT Bahana Pagar Alam. Penelitian ini melibatkan kepala marketing dan seluruh karyawan PT Bahana Pagar Alam. Dipilihnya lokasi ini sebagai tempat penelitian karena terdapat suatu masalah penurunan penjualan pada produk PT. Bahana Pagar Alam. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability purposive sampling. Non probability purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan dengan suatu pertimbangan tertentu dengan cara menentukan terlebih dahulu kriteria responden. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 10 karyawan yang terdaftar di perusahaan tersebut dan 10 konsumen yang membeli kendaraan di perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dalam Matrik IE (internal - eksternal), PT. Bahana Pagar Alam terletak pada sel 2, yaitu dengan memiliki faktor eksternal yang tinggi dan faktor internal yang sedang. Sedangkan berdasarkan hasil dari analisis SWOT strategi yang cocok untuk meningkatkan penjualan produk Yamaha Mio M3 125 adalah strategi SO dan WO. Kata kunci: Analisis SWOT, Eksternal, Internal, Pemasaran, Peningkatan.
Copyrights © 2022