cover
Contact Name
Rima Gontina
Contact Email
rimagontina@gmail.com
Phone
+6285768522386
Journal Mail Official
jurnalmanajemenmmandirisaburai@gmail.com
Editorial Address
Jalan Imam Bonjol Nomor 468 Kemiling Bandar Lampung, Lampung Indonesia
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS)
ISSN : 27151018     EISSN : 27220117     DOI : https://doi.org/10.24967/jmms.v4i1
Core Subject : Economy, Science,
The journal focused on primary studies at management, economic, marketing, and initiated the development of global economic advantages. Based economics could not be seen as independent variable standing on side-by-side with conventional economic system. JMMS Journal of mangement, economic and marketing is dedicated to provide an intellectual space of scholarly discussion how management, economic and marketing able to create the new global formation of management, economic, marketing and similar issues.
Articles 199 Documents
Hubungan Pelatihan Dengan Kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung Ahiruddin Ahiruddin; Maria Elina; Ja’a Taufikul Hulami
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 4, No 4 (2020): JMMS - JURNAL MANAJEMAN MANDIRI SABURAI
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v4i4.1062

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pelatihan dengan kinerja pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif . Dengan metode analisis menggunakan produk moment. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 47 pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung Hasil pengujian hipotesis hubungan pelatihan dengan kinerja menunjukan bahwa nilai hubungan antara pelatihan dengan kinerja pegawai BPBD Kota Bandar Lampung sebesar 0,839. Artinya ada hubungan pelatihan dengan kinerja. Kemudian nilai keeratan hubungan pelatihan dan kinerja sebesar 0.839 berada dalam kategori sangat kuat dengan interval 0.81 sampai 1.00. kemudian Nilai t hitung variabel pelatihan 10.323 dan t tabel dengan sampel 47 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh 1,678 karena t hitung lebih dari t tabel atau 10.323 lebih dari 1.678 maka Ha diterima. Artinya ada hubungan pelatihan dengan kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung.
Hubungan Kualitas Pelayanan Petugas Perpustakaan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran Yeni Maya Sari; Nuraeini Nuraeini; Maria Elina
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 3, No 02 (2019): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v3i02.573

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pelayanan petugas perpustakaan masih kurang optimal dan kinerja pegawai dalam menjalankan tugas pelayanan kurang maksimal Tujuan penelitian untuk mengetahui   hubungan kualitas pelayanan petugas perpustakaan terhadap kinerja pegawai dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu penelirian yang bermaksud  menjelaskan kedudukan variabel-variabel  yang diteliti dan  pengaruhnya antar satu variabel dengan variabel yang lain. Berdasarkan hasil penelitian menuujukan hubungan antara kualitas pelayanan dengan kinerja pegawai Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Pesawaran positif karena rhitung adalah sebesar 0,446 maka rhit  lebih besar dari nol, Berarti semakin tinggi kualitas pelayanan   maka semakin tinggi pula kinerja pegawai Dinas Perpustakaan  dan  kearsipan  Kabupaten Pesawaran  dan  derajat  keeratan hubungan antara kualitas pelayanan dan kinerja dinas perpustakaan dan kearsipan berderajat sedang karena harga rhit  = 0.446  maka rhit  dalam kriteria uji  terletak pada interval taraf sedang.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS JASA TRANSPORTASI GOJEK DI BANDAR LAMPUNG Nur Satria; Trisnowati Josiah; kuswarak kuswarak
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 3, No 04 (2019): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v3i04.589

Abstract

Jasa transportasi yang memiliki pelayanan yang cepat dari segi komunikasi untuk pemesanan, sehingga masyarakat lebih memilih jasa tersebut karena cukup mudah dan cepat. Untuk mendapatkan loyalitas para pelanggan perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang baik dan tepat agar mempengaruhi loyalitas pelanggannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa transportasi, diantaranya adalah kualitas pelayanan yang diberikan, kepuasan yang didapatkan dan dirasakan oleh pelanggan, nilai yang difikirkan pelanggan. Hasil penelitian didapatkan bahwa  berdasarkan hasil Uji t didapat nilai t hitung sebesar 20,177 dan setelah dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan 95 persen yaitu 2,66  maka thitung adalah sebesar 20,177 lebih dari t tabel sebesar 2,66. Jadi variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen. Kemudian pada persamaan regresi antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen  dapat dinyatakan bahwa setiap penambahan tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan, maka dapat  diikuti oleh kepuasan kosnumen sebesar 99,0 persen atau setiap terjadi peningkatan nilai pada variabel kualitas pelayanan sebesar satu point, maka kepuasan konsumen akan meningkat sebesar 0,990 point.
Analisis Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt.Ciomas Adisatwa Bandar Lampung Pairi Pairi; Kuswarak Kuswarak; Iwan Zulfikar
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 2, No 02 (2018): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v2i02.540

Abstract

Karyawan di PT.Ciomas Adisatwa Bandar Lampung menghadapi beberapa masalah seperti masih rendahnya motivasi yang diberikan oleh perusahaan dan kurangnya dukungan akan karyawan yang memiliki prestasi baik, sehingga produktivitas kerja karyawan di lingkungan PT.Ciomas Adisatwa Bandar Lampung cenderung menurun. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT.Ciomas Adisatwa Bandar Lampung. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT.Ciomas Adisatwa Bandar Lampung. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik populasi dari seluruh karyawan PT.Ciomas Adisatwa Bandar Lampung yang berjumlah 30 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan ditunjukkan pada angka koefisien regresi sebesar 0,943 dengan nilai signifikan yang lebih kecil dari 0,05 terlihat bahwa motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai pada taraf kepercayaan 95 persen. Dengan demikian, semakin baik tingkat motivasi kerja karyawan, maka akan semakin tinggi pula produktivitas kerja karyawan PT. Ciomas Adisatwa Bandar Lampung. 
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK INDOSAT DI BANDAR LAMPUNG Khairul Saleh; Medy Iswara
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 1, No 02 (2017): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v1i02.506

Abstract

Promosi merupakan bagian dari salah satu aspek dari manajemen pemasaran. Karena promosidisini dapat dipandang sebagai arus informasi atau arah yang dibuat umtuk mengarahkan individu ataukelompok kepada tindakan yang menciptakan kegiatan pertukaran atau pemasaran. Indosat Bandar lampung2015 dalam menetapkan biaya promosi, perusahaan sudah memiliki anggaran promosi yang disesuaikananggarnya selama satu tahun tetapi nilai terealisasi penjualan tidak sesuai dengan tareget penjualan meskipunbiaya promosi cenderung meningkat setiap bulannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh biaya promosi terhadap nilai penjualan pada Indosat Bandar Lampung. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa biaya promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai penjualanIndosat Bandar lampung. Hal ini dibuktikan dengan uji t atau uji parsial variabel biaya promosi sebesar thitung3,085 lebih dari 2,262 ttable. Maka Ho ditolakdan Ha diterima, berarti variabel independen berpengaruh secarasignifikan terhadap variabel depeden. Hal ini menunjukan biaya promosi berpengaruh positif dan signifikanterhadap nilai penjualan pada Indosat Bandar Lampung.
Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Rabihah Abadi Makmur Belitang Iii Ogan Komering Ulu Timur Mardani Mardani
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 4, No 3 (2020): JMMS - JURNAL MANAJEMAN MANDIRI SABURAI
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v4i3.793

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh budaya kerja terhadap kinerja karyawan pada koperasi simpan pinjam pembiayaan Syariah Rabihah Abadi Makmur Belitang III OKU Timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data skunder dan data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kusioner.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah r sebesar 0,70  yang telah  dikonsultasikan dengan standard yang konservatif maka terletak diantara 0,600 sampai 0,799 yang artinya tergolong pada korelasi atau pengaruh yang kuat antara budaya kerja  dengan kinerja karyawan pada koperasi simpan pinjam pembiayaan Syariah Rabihah Abadi Belitang III OKU Timur dan setelah diadakan uji hipotesis diketahui t hitung adalah 2,75 dan t tabel diperoleh 1,860.
Pengaruh Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung Aji Kulyubi Ganandy; Husna Purnama; Maria Elina
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 3, No 01 (2019): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v3i01.564

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah  kompensasi yang diterima pegawai mengalami keterlambatan dalam hal pembayaran dan kurangnya penghargaan atas peyelesaian pekerjaan mengakibatkan penurunan semangat kerja pegawai. Tujuan penelitian untuk mengetahui  pengaruh kompensasi terhadap semangat kerja pegawai  Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD kota bandar lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancaraa, dokumentasi dan kuisioner atau daftar pertanyaan. Teknik sampel akan ditentukan  dari jumlah sampel sebanyak 47  pegawai  Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota bandar lampung. Hasil pengujian hipotesis pengaruh kompensasi terhadap semangat kerja menunjukan bahwa Nila t hitung variabel kompensasi  yaitu  3.895 dengan konstanta 4.689 pada t tabel dengan db 47 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh 1.678 karena t hitung lebih dari t tabel maka Ha diterima artinya kompensasi  berpengaruh positif terhadap semangat kerja pegawai BPBD Kota Bandar Lampung. Kontribusi R square sebesar 0.328 artinya sebesar 32,8 persen variasi perubahan variabel semangat kerja mampu dijelaskan oleh variabel kompensasi  sedangkan sisanya sebesar 67,2 persen lagi dijelaskan  oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.
PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP DISIPLIN KERJA PADA ANGGOTA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DI KABUPATEN PESAWARAN Winda Kurnia; Ahiruddin Ahiruddin; Maria Elina
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 3, No 03 (2019): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v3i03.580

Abstract

Objek Penelitian adalah Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pesawaran yang merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah yang memberikan pelayanan berupa jasa untuk menegakkan peraturan daerah perda dan peraturan kepala daerah perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat . Tujuan peneliitian untuk mengetahui pengaruh pemberian insentif terhadap disiplin kerja anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif, dalam penelitian ini populasi berjumlah 400 orang. Dengan sampel 40 responden. Analisis data kuantitatif dengan rumus analisis regresi linear sederhana, yakni Koefisien diterminasi adalah sebesar 45,3 persen. variabel insentif menjelaskan variasi perubahan terhadap variabel disiplin kerja pada Anggota Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Pesawaran sebesar 45,3 persen.  Hipotesis yang diajukan adalah Pemberian insentif berpengaruh terhadap disiplin kerja anggota Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Pesawaran diterima.
PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG Dedi Firdaus; Hujaimatul Fauziah; Iwan Zulfikar
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 2, No 01 (2018): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v2i01.531

Abstract

Pegawai memerlukan motivasi untuk lebih giat dalam bekerja sehingga hasil pekerjaan menjadi lebih baik dan lebih tepat waktu Melihat pentingnya pegawai dalam organisasi, maka pegawai perlu lebih serius dalam melaksanakan tugasnya sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Obyek Penelitian adalah pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung  Adapun masalah yang ada pada kantor ini dirasakan pegawai yang merasa kepuasan masih sangat rendah, hal ini disebabkan karena sikap motivasi terhadap apa yang didapat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Kompensasi berpengaruh terhadap Kepuasan kerja Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik sampel penelitian dari 24 responden. Metode yang penulis gunakan menggunakan data primer dan data sekunde dengan menggunakan metode deskriptif. Dari persamaan regresi hasil persamaan regresi bila Motivasi Kerja di tingkat satuan maka akan menghasilkan Kepuasan Kerja sebesar 0,624 satuan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN FOOD FESTIVAL DI BANDAR LAMPUNG Dennis Regina Oktavicena; Dr Ahiruddin
JMMS - JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 1, No 01 (2017): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/jmms.v1i01.494

Abstract

Dampak positif dari pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan serta keinginan untuk melakukan pembelian kembali re-buying, yang tentunya akan meningkatkan pendapatan yang diterima dari produk yang telah terjual. Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Kualitas pelayanan yang diberikan pegawai restoran food festival kurang   memuaskan hal ini terlihat dari data keluhan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Restoran Food Festival Bandar Lampung. Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Analisis kualitatif dan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di restoran Food Festival yang berjumlah 100 orang responden. Hasil penelitian nilai signifikan 4,673 lebih dari 1,661 dari hasil tersebut, maka kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Y pada Restoran Food Festival di Bandar Lampung.

Page 1 of 20 | Total Record : 199


Filter by Year

2017 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2023): JMMS-JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 7, No 1 (2023): JMMS-JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 6, No 4 (2022): JMMS-JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 6, No 3 (2022): JMMS-JURNAL MANANJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 6, No 2 (2022): JMMS-JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 6, No 1 (2022): JMMS-JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 1, No 1 (2022): JMMS-JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 5, No 4 (2021): JMMS- JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 5, No 3 (2021): JMMS- JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 5, No 2 (2021): JMMS- JURNAL MANAJEMEN MANDIRI SABURAI Vol 5, No 1 (2021): JMMS - JURNAL MANAJEMAN MANDIRI SABURAI Vol 4, No 4 (2020): JMMS - JURNAL MANAJEMAN MANDIRI SABURAI Vol 4, No 3 (2020): JMMS - JURNAL MANAJEMAN MANDIRI SABURAI Vol 4, No 2 (2020): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 4, No 1 (2020): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 3, No 04 (2019): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 3, No 03 (2019): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 3, No 02 (2019): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 3, No 01 (2019): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 2, No 04 (2018): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 2, No 03 (2018): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 2, No 02 (2018): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 2, No 01 (2018): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 1, No 04 (2017): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 1, No 03 (2017): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 1, No 02 (2017): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai Vol 1, No 01 (2017): JMMS - Jurnal Manajemen Mandiri Saburai More Issue