Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT)
Vol. 2 No. 1 (2022): NCHAT January - June period

Dampak Metode Pembelajaran Daring Terhadap Kecemasan Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid 19

Yuliana Tola'ba (STIK Stella Maris Makassar)
Merlin Merlin (Unknown)
Medelin Sumari (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran secara online tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa. Dalam proses pembelajaran daring tersebut sering terjadi beberapa kendala atau masalah yang dapat memicu kecemasan pada mahasiswa. Kecemasan adalah suatu keadaan khawatir yang mengeluhkan bahwa hal buruk akan segera terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak metode pembelajaran daring dengan kecemasan mahasiswa selama masa pandemi. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa STIK Stella Maris Makassar dengan jumlah sampel 75 responden dengan teknik probability sampling dengan pendekatan propotional stratified rondom sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner spiritual well being scale dan Kuesioner Zung Self-Ranting Anxiety Scale. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran daring efektif dengan kecemasan ringan sebanyak 26 (34.7%) responden, sistem pembelajaran daring tidak efektif dengan kategori tingkat kecemasan sedangĀ  sebanyak 24 (32%) responden, dan sistem pembelajaran daring tidak efektif dengan kategori tingkat kecemasan berat sebanyak 9 (12%). Analisa data menggunakan uji statistik Chi-square tingkat kemaknaan ? = 0.05. Hasil penelitian diperoleh nilai p = 0.01. Hal ini menunjukkan terdapat dampak metode pembelajaran daring dengan kecemasan Mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Kecemasan pada mahasiswa timbul karena berbagai faktor, salah satu faktor utama yang memicu kecemasan yaitu fasilitas yang tidak memadai dan akses internet yang terkadang tidak stabil.

Copyrights © 2022