Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah keterampilan pengelolaan kelas. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk membuktikan bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif, yang bersifat studi literatur. Dari hasil penelitian melalui kajian literatur, yang sudah dilakukan terlihat bahwa adanya korelasi antara keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa. Pengelolaan kelas yang baik, menyebabkan terciptanya suasana kelas yang kondusif sehingga mendukung kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan efisien dan dapat meningkatkan prestasi siswa, meningkatkan kegiatan pembelajaran, dan menerapkan pendekatan belajar yang kreatif, inovatif, dan variatif. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sehingga guru sebaiknya meningkatkan keterampilannya dalam pengelolaan kelas. Keterampilan pengelolaan kelas dapat ditingkatkan dengan dua cara yaitu belajar dan dari pengalaman
Copyrights © 2022