Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan
Vol 12 No 1 (2021): MEI 2021

KAJIAN PERIKANAN PAYANG DAN PURSE SEINE DI PPP LARANGAN TEGAL

Mohammad Imron (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB University)
Mulyono S. Baskoro (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan,Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB University)
Ayu Wulandari (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan,Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB University)
Salsabila Nafri (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan,Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB University)
Kusnandar Kusnandar (Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Panca Sakti)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Usaha perikanan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Larangan Kabupaten Tegal merupakan salah satu penunjang utama perekonomian masyarakat pesisir Tegal dan menjadi penyuplai bahan baku pengolahan ikan teri (Stolephorus sp.) nasi di daerah Pemalang dan Kendal. Hasil tangkapan utama kegiatan penangkapan ikan di PPP Larangan adalah komoditas ikan teri. Alat tangkap yang digunakan nelayan di PPP Larangan adalah payang dan purse seine. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perikanan payang dan purse seine di PPP Larangan, menghitung nilai produktivitas hasil tangkapan payang dan purse seine pada penangkapan pagi dan malam, serta membandingkan tingkat efektivitas hasil tangkapan purse seine pada penangkapan pagi dan malam. Alat tangkap payang dan purse seine yang dioperasikan di PPP Larangan bersifat one day fishing serta terdapat dua waktu penangkapan yaitu penangkapan pagi dan penangkapan malam. Nilai produktivitas payang dan purse seine pada penangkapan pagi lebih besar dibandingkan dengan penangkapan malam. Tingkat efektivitasnya penangkapan pagi lebih efektif berdasarkan nilai produktivitas dibandingkan dengan penangkapan malam baik untuk alat tangkap payang maupun purse seine.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtpk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Library & Information Science

Description

Tujuan Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan yaitu menyebarluaskan informasi ilmiah tentang perkembangan teknologi perikanan dan kelautan antara lain: teknologi perikanan tangkap, teknologi kelautan, inderaja kelautan, akustik dan instrumentasi, teknologi kapal perikanan, teknologi pengolahan ...