Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022

Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar

I Gusti Ayu Mirahyanti (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Herry Sumual (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Verry Ronny Palilingan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh dan minat terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey yang menggunakan angket sebagai alat untuk mengumpulakan data. Jumlah sampelnya adalah 63 siswa. Data diolah menggunakan SPSS Statistics 17.0 dengan hasilnya untuk H1 adalah thitung X1 = 3,721 > ttabel = 1,671 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima. Kemudian H2 untuk thitung X2 = 4,100 > ttabel = 1,671 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H2 diterima. Untuk H3 Fhitung sebesar 29.311 > Ftabel 3,15 dengan signifikansi 0,000 > 0,05 dengan pengaruh yang di hitung dengan Rsquare 49,4%, dengan demikian H3 diterima. Sehingga kesimpulannya adalah pembelajaran jarak jauh dan minat berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...