JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 5 No 2 (2021): JPPI Volume 5 Nomor 2 Desember 2021

MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBUAT POSTER

AHMAD RIDHAI AZIS (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas serta proses penerapan model pembelajaran explicit instruction di kelas VIIIf SMP Negeri 2 Majene dalam pembelajaran poster. Penelitian kuantitatif berjenis eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control. Populasi penelitian ini sebanyak 30 peserta didik 14 laki-laki dan 16 perempuan atau hanya kelas VIIIf. Instrumen yang digunakan adalah intrumen tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Statistik inferensial tersebut dilakukan uji normalitas datam uji homogenitas varian, dan uji t statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS23. Hasil penelitian ini, H1 diterima, artinya model explicit intruction efektif digunakan dalam pembelajaran membuat poster peserta didik kelas VIIIf SMP Negeri 2 Majene. Dibuktikan dengan hasil uji hipotesis tabel diperoleh nilai thitung sebesar 63,377 dengan df=29 dan taraf signifikansi (p)=0,001. Nilai ttabel sebesar 74,81533 dengan df=29 dan taraf signifikan α=0,05. Peserta didik mampu membuat poster dengan baik berdasarkan hasil tes atau hasil belajarnya dalam kategori cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64.19% nilai pretest pada uji one sampel statistik sedangkan 74.82% merupakan hasil pretest. Jika melihat perbandingan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa secara komparatif model explicit intruction efektif digunakan dalam pembelajaran membuat poster peserta didik kelas VIIIf SMP Negeri 2 Majene lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Pemilihan model pembelajaran hendaknya dilakukan dengan cermat dan teliti walaupun terdapat anggapan bahwa tidak ada model yang paling tepat digunakan dalam semua jenis pembelajaran. Pelibatan ilmu-ilmu lain dalam mempelajari materi sebuah mata pelajaran hendaknya menjadi pertimbangan, sebab ilmu lain dapat menjadi kunci keberhasilan pembelajaran. Guru juga sebaiknya tidak langsung menjastifikasi bahwa peserta didik kurang cakap dalam tugas-tugas terstruktur dan prosedural tanpa memberikan contoh langsung dengan pengalaman belajarnya, dan Peserta didik hendaknya sering melatih diri dalam menguasai keterampilan lain sebagai penunjang dalam mempelajari materi pembelajaran (mengasosiasi).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...