Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan kecemasan menghadapi ujian nasional. Penelitian ini melibatkan 134 siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Semarang, dan menggunakan paper-based questionnaires sebagai alat pengumpul datanya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa ada kaitan negatif antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dan kecemasan menghadapi ujian nasional (r = - 0.26; p < .05) dan bahwa persepsi terhadap kompetensi guru memberikan sumbangan efektif sebesar 6.7 % terhadap munculnya kecemasan siswa menghadapi ujian nasional.Kata kunci: persepsi terhadap kompetensi guru, kecemasan menghadapi ujian nasionalThis study aimed to examine the relationship between studentsâ perception of teacher competence and test anxiety in the Ujian Nasional. We obtained data from 134 grade 7 students in a state junior high school in Semarang, using paper-based questionnaire. Regression analysis showed a significant negative relationship between students perception of teacherâs competence and test anxiety in the Ujian Nasional (r = -.26, p < .05) and that studentsâ perception of teacherâs competence accounted for 6.7% of the variance in the test anxiety in the Ujian Nasional.Keywords: studentsâ perception of teacherâs competence, test anxiety, Ujian Nasional
Copyrights © 2010