Jurnal Psikologi Indonesia
Vol 7, No 2 (2010)

PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (STUDENTS’ PERCEPTION OF TEACHERS’ COMPETENCE AND THEIR ANXIETY IN FACING THE NATIONAL EXAMINATION)

Ayuningtyas, Rizka Putri ( Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Andayani, Tri Rejeki ( Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Sawitri, Dian Ratna ( Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan kecemasan menghadapi ujian nasional. Penelitian ini melibatkan 134 siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Semarang, dan menggunakan paper-based questionnaires sebagai alat pengumpul datanya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa ada kaitan negatif antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dan kecemasan menghadapi ujian nasional (r = - 0.26; p < .05) dan bahwa persepsi terhadap kompetensi guru memberikan sumbangan efektif sebesar 6.7 % terhadap munculnya kecemasan siswa menghadapi ujian nasional.Kata kunci: persepsi terhadap kompetensi guru, kecemasan menghadapi ujian nasionalThis study aimed to examine the relationship between students’ perception of teacher competence and test anxiety in the Ujian Nasional. We obtained data from 134 grade 7 students in a state junior high school in Semarang, using paper-based questionnaire. Regression analysis showed a significant negative relationship between students perception of teacher’s competence and test anxiety in the Ujian Nasional (r = -.26, p < .05) and that students’ perception of teacher’s competence accounted for 6.7% of the variance in the test anxiety in the Ujian Nasional.Keywords: students’ perception of teacher’s competence, test anxiety, Ujian Nasional

Copyrights © 2010