Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN KOMIK FANTASI BERTEMA PAHLAWANKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mohamad Rizki (Unknown)
Zerri Rahman Hakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Ana Nurhasanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik fantasi bertema pahlawanku sebagai media pembelajaran IPS di kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui tingkat kelayakan komik serta respons siswa terhadap komik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian model Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Terdapat 6 tahap pengembangan dalam penelitian ini yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk (terbatas). Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli dan angket respons siswa. Media komik ini divalidasi oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli bahasa serta diuji coba terbatas kepada 26 orang siswa kelas IV SDN Pasirmae 1. Hasil penelitian ini adalah pengembangan komik fantasi bertema pahlawanku sebagai media pembelajaran IPS di kelas IV sekolah dasar. Kelayakan komik berdasarkan validasi ahli mendapatkan penilaian dengan kategori sangat layak dengan persentase sebesar 83.88% dari ahli media, 90% dari ahli materi, dan 81.66% dari ahli bahasa. Sementara itu, penilaian dari respons siswa mendapatkan persentase sebesar 95.32% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...