Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL KINEMASTER DALAM PEMBELAJARAN TEMA 8 PADA KELAS IV DI SD NEGERI SERANG 20

Pirdayuni Pirdayuni (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Damanhuri Damanhuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Aan Subhan Pamungkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, mengetahui kelayakan media media audio visual Kinemaster yang dikembangkan dan mengetahui respon peserta didik terhadap media audio visual Kinemaster. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Serang 20 dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV pada uji coba terbatas yaitu 23 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada langkah-langkah penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall dalam Sugiyono yaitu melakukan (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media dengan presentase 72,75 % ahli materi dengan presentase 89,2 % dan lembar angket respon siswa sebesar 89,5%. Berdasarkan analisis validasi dapat disimpilkan bahwa  kualiatas Media Audio Visual Kinemaster yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan hasil respon peserta didik terhadap Media Audio Visual Kinemaster termasuk kategori sangat baik.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...