J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3, No 1 (2022): FEBRUARI

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE READING AND COMPOSITION) DAN TPS (THINK PIRE SHARE) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Perkoperasian Dan Perekonomian Indonesia Di Sman 1 Cimaragas)

Mila Wulandari (Universitas Galuh)
Utti Suwirta (Universitas Galuh)
Dedeh Dedeh (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurang tepatnya penerapan model pembelajaran dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif untuk mengembangkan pembelajaran agar hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan  Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada pengukuran awal (pre test) dan pengukuran akhir (post test); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pire Share) pada pengukuran awal (pre test) dan pengukuran akhir (post test); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)  Dan TPS (Think Pire Share) pada pengukuran akhir (post test) pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 1 Cimaragas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperiment dengan menggunakan teknik sampel jenuh di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus N-Gain untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)  Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pire Share). Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang positif dan signifikan menggunakan Model  Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan TPS (Think Pire Share) pada pengukuran akhir (post test)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...