J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3, No 1 (2022): FEBRUARI

ANALISIS METODE PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE)PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Dewi Putriana Pamungkas (Unknown)
Rita Patonah (Unknown)
Eni Rohaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil akhir dari pembelajaran yang menjadi gambaran berhasil tidaknya proses pembelajaran. Penggunaan metode konvensional selama ini telah menyebabkan rendahnya partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk menerapkan sebuah metode pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran diantaranya metode CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: 1) Hasil belajar yang menggunakan metode CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada pretest dan posttest; 2) Hasil belajar yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awaldan pengukuran akhir; 3) Hasil belajar yang menggunakan metode CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi yang menggunakan metode CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada pretest dan posttest di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir di kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dengan yang menggunakan metode konvensional pada saat posttest.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...