JURNAL PENELITIAN PERAWAT PROFESIONAL
Vol 4 No 2 (2022): Mei 2022, Jurnal Penelitian Perawat Profesional

Gambaran Patogen dan Profil Infeksi Menular Seksual (IMS)

Wiwin Mulianingsih (Program Studi S1-Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram)
Lysa Mariam (Program Studi S1-Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram)
Yudha Permana (Program Studi S1-Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram)
Fitriannisa Faradina Zubaidi (Program Studi S1-Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram)
Putu Dedy Arjita (Program Studi S1-Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram)
Ayu Anulus (Program Studi S1-Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram)
Dany Karmila (Program Studi S1-Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram)
Fachrudi Hanafi (Program Studi S1-Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Kasus IMS yang terus meningkat merupakan salah satu penyebab utama dari buruknya kesehatan sebuah negara dan dunia dan Kota Mataram merupakan ibu kota Provinsi NTB, salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Hal ini menimbulkan dampak positif maupun negatif. Dampak positifnya, banyaknya wisatawan berkunjung untuk berlibur dan meningkatkan roda perekonomian. Namun dampak negatif yang terjadi, berhubungan dengan kedatangan wisatawan yang kemudian memanfaatkan tempat-tempat hiburan dan secara tidak langsung berkaitan dengan peningkatan aktifitas seksual. Tujuan Penelitian untuk mengetahui gambaran Patogen dan Profil Infeksi Menular Seksual (IMS) di 10 Puskesmas se Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2015-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif dengan mengambil data dari catatan rekam medis pasien di seluruh puskesmas di Kota Mataram, dengan total 2.340 orang yang terinfeksi, dan teknik sampling menggunakan teknik total sampling. Berdasarkan hasil penelitian, penyaki infeksi menular seksual di seluruh puskesmas di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat sejak tahun 2015-2019 di dominasi oleh jenis kelamin perempuan, usia dewasa awal, sudah menikah, SMP, tidak bekerja, kelompok risiko pasangan risti. Hasil dari data kasus IMS yang di laporkan di Kota Mataram sejak tahun 2015-2019 cenderung disebabkan oleh bakteri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPP

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Penelitian Perawat Profesional merupakan sarana publikasi karya ilmiah bagi para peneliti kesehatan khususnya perawat profesional. Jurnal Penelitian Perawat Profesional diterbitkan oleh Global Health Science Group. Jurnal Penelitian Perawat Profesional menerbitkan artikel-artikel yang ...