Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 1 (2022): January-March

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Fyrda Jamiatul Hasanah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dani Firmansyah (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini merupalan penelitian deskriptif dengan memakai pendekatan kualitatif. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 5 orang dan berada di Desa Pasirtalaga II. Instrumen yang digunakan terdiri dari test dan non test, instrumen tes yang diberikan terdiri dari dua buah soal kemampuan pemecahan masalah dan instrumen non test berupa angket. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa data skor kemampuan pemecahan masalah dan data skor angket motivasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini memiliki tiga tahapan, yaitu: 1) tahap perencanaan, pada tahap ini peneliti membuat sebuah instrument tes pemecahan masalah matematis dengan meliputi kisi-kisi, dan angket; 2) tahap pelaksanaan, pada tahap ini siswa diberikan sebuah angket motivasu belajar siswa, dilanjukan dengan diberikan test pemecahan masalah matematis; 3) tahap evaluasi, pada tahap ini peneliti mengolah data yang telah diperolah ketika penelitian itu, lalu peneliti menyusun hasil dalam bentuk laporan dan mengevaluasi soal tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ini ditinjau pada motivasi belajar siswa tergolong rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...