Jurnal Biogenerasi
Vol. 7 No. 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 tahun 2022

KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA

Fitrah Amalia Salim (Universitas Negeri Makassar)
Hamka Lodang (Universitas Negeri Makassar)
Alimuddin Ali (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Discovery Learning ditinjau dari kemandirian dan hasil belajar siswa SMA kelas XI pada materi sistem gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pre-test-post-test. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dengan satu kelas yang terpilih (kelas XI MIA 3) yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan soal uraian sebanyak 5 butir soal. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisa data deskriptif menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata post-test kemandirian belajar siswa yaitu 78 lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test kemandirian belajar siswa yaitu 44 (2) nilai rata-rata post-test hasil belajar siswa yaitu 80 lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test hasil belajar siswa yaitu 40. Selanjutnya, nilai N-Gain menunjukkan bahwa (1) kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi dan sedang, dominan berada pada kategori sedang 83%) sehingga sebanyak 30 peserta didik berada pada kategori sedang dan/atau tinggi (100%) (2) hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dan sedang, dominan berada pada kategori sedang (70%) sehingga sebanyak 30 peserta didik berada pada kategori sedang dan/atau tinggi (100%). Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning efektif ditinjau dari kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di kelas XI SMA 1 Parepare.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biogenerasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Biogenerasi focuses on the publication of the results of biology education,Biology learning model, Biology learning media, Biology Education Development, The article published on the internal and external academic community Universitas Cokroaminoto Palopo especially in Biology ...