Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1: APRIL 2022

PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD

Desi Arisagita Simamora (Universitas PGRI Palembang)
Kiki Aryaningrum (Universitas PGRI Palembang)
Puji Ayurachmawati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas 1 di SD Negeri 117 palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa LKPD. Teknik análisis data penelitian yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas 1.A sebanyak 42 orang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan indikator menulis permulaan menunjukkan bahwa pada LKPD pembelajaran pertama mencapai 90,59%. Sedangkan pada LKPD 2 mencapai 95% dengan kategori Sangat Baik. Hal ini membuktikan bahwa keterampilan menulis permulaan dengan menerapkan Metode SAS menjadi meningkat, karena siswa menjadi lebih terampil dalam menulis.Kata Kunci: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Keterampilan Menulis  Permulaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...