JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan dan Cakupan Vaksinasi pada Mahasiswa UMS yang Terpapar Covid-19

Jati, Izzah Tsaqoofah (Unknown)
Nurhidayati Mahmuda, Iin Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

COVID-19 merupakan pandemi yang saat ini sedang terjadi di dunia yang disebabkan oleh virus yang disebut dengan Severe-Acute-Respiratory-Syndrome Corona Virus 2 (SARS-CoV-2). Penyebaran penyakit ini melalui interaksi dengan jarak yang dekat dan disebarkan melalui media perantara droplet ketika terjadi batuk, bersin, atau berbicara. Salah satu upaya penanggulangan covid-19 yaitu menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan melakukan vaksinasi covid-19. Tujuan: Untuk mengetahui tingkat kepatuhan protokol kesehatan dan cakupan vaksinasi pada mahasiswa UMS yang terpapar covid-19. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian deskritif observasional dengan desain cross sectional. Teknik sampling menggunakan pengambilan sampel total. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner google from online. Hasil: Karakteristik responden, mayoritas berusia 20-21 tahun 35 (58,3%), jenis kelamin perempuan 46 (76,7%), tinggi badan rata-rata 161,1, berat badan rata-rata 59,15, responden yang rutin olah raga 30 (50%) dan tidak olah raga 30 (50%), mayoritas responden rutin mengkonsumsi vitamin 31 (51,7%) dan mahasiwa yang sudah pernah terkonfirmasi 60 (100%). Tingkatan kepatuhan mahasiswa terhadap protokol kesehatan kesehatan termasuk dalam kategoti disiplin 38 (63,3%). Mahasiswa yang belum vaksinasi sebanyak 40 (66,7%), dosis 1 sebanyak 13 (21,7%), dosis 2 sebanyak 7 (11,7%). Kesimpulan: Tingkat kepatuhan mahasiswa terhadap protokol kesehatan termasuk dalam kategori disiplin. Tingkat cakupan vaksinasi covid-19 dikalangan mahasiswa UMS masih tergolong rendah saat dilaksanakan penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...