JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Persepsi Siswa terhadap Media Daring (whatsapp dan google classroom) pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA N 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Tika, Rahma (Unknown)
Meldawati, Meldawati (Unknown)
Siska, Felia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya penggunaan media pembelajaran online whatsapp dan google classroom dalam proses pembelajaran, namun dalam pelaksanaannya masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi pelajaran, kurangnya respon atau interaksi antara peserta didik dan guru, koneksi internet yang tidak mendukung dan sering mengalami gangguan jaringan. Tujuan penelitian mendeskripsikan persepsi siswa terhadap media daring (whatsapp dan google classroom) pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS, mendeskripsikan kendala yang dialami saat menggunakan (whatsapp dan google classroom) pada mata pelajaran sejarah. Metode digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS 3, guru mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA N 1 Lembah Melintang. Hasil penelitian ditemukan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi negatif terhadap media yang digunakan seperti Whatsapp dan google classroom ketika pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan mayoritas peserta didik kurang memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru melalui media whatsapp dan google classroom, kendala yang dihadapi saat pembelajaran daring pendapat dari peserta didik yaitu susah mendapatkan jaringan, sering sekali tugas tidak terkirim, serta pendapat siswa tentang pembelajaran daring adalah kurang efektif karena peserta didik lebih memilih belajar tatap muka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...