Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya penggunaan media pembelajaran online whatsapp dan google classroom dalam proses pembelajaran, namun dalam pelaksanaannya masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi pelajaran, kurangnya respon atau interaksi antara peserta didik dan guru, koneksi internet yang tidak mendukung dan sering mengalami gangguan jaringan. Tujuan penelitian mendeskripsikan persepsi siswa terhadap media daring (whatsapp dan google classroom) pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS, mendeskripsikan kendala yang dialami saat menggunakan (whatsapp dan google classroom) pada mata pelajaran sejarah. Metode digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS 3, guru mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA N 1 Lembah Melintang. Hasil penelitian ditemukan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi negatif terhadap media yang digunakan seperti Whatsapp dan google classroom ketika pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan mayoritas peserta didik kurang memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru melalui media whatsapp dan google classroom, kendala yang dihadapi saat pembelajaran daring pendapat dari peserta didik yaitu susah mendapatkan jaringan, sering sekali tugas tidak terkirim, serta pendapat siswa tentang pembelajaran daring adalah kurang efektif karena peserta didik lebih memilih belajar tatap muka.
Copyrights © 2022