JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Berbasis Model Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas V SDN 05 Sawahan Kota Padang

Sry Apfani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia)
Fitri Rahayu Ningsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia)
Alfroki Martha (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia)
Rahmia Tulljanah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia)
Ade Irma Suryani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 05 Sawahan Kota Padang.Penelitian ini membahas tentang bagaimana keterampilan membaca pemahaman siswa dengan model Concept Sentence di kelas V SDN 05 Sawahan Kota Padang. Jenis penulisan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Peningkatan ini dapat dilihat dari: Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru pada siklus I adalah 66,6% dan pada siklus II adalah 95,8%. Pelaksanaan pembelajaran pada aspek siswa pada siklus I adalah 60% dan pada siklus II adalah 95%. Pada penilaian siswa yaitu prabaca siklus I adalah 65,7% dan pada siklus II adalah 92,5%. Saat baca  siklus I adalah 62,5% dan pada siklus II 89,6%. Pascabaca siklus I adalah 68,2% pada siklus II 94,8%. Dengan kesimpulan bahwa: keterampilan membaca untuk pemahaman siswa dengan menggunakan model Concept Sentence adanya peningkatan di kelas V SDN 05 Sawahan Kota Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...