JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Hubungan Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Membuat Ikhtisar Bacaan oleh Siswa Kelas XI IPS SMA HKBP Sidorame Medan

Rolan Manurung (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan yang terjadi antara penguasaan kosa kata dengan kemampuan membuat ikhtisar bacaan oleh siswa kelas XI IPS SMA HKBP Sidorame Medan. Jumlah sampel 30 siswa dari 30 siswa kelas XI IPS SMA HKBP Sidorame Medan yaitu seluruh kelas XI IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Untuk menjaring data yang diperlukan digunakan tes objektif jenis pilihan berganda sebanyak 20 soal (empat pilihan A, B, C, D) untuk tes penguasaan kosa kata dan tes membuat ikhtisar bacaan yaitu membuat iktisar bacaan cerpen Jakarta. Untuk mengetahui hubungan variable X dan Y digunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan tingkat penguasaan kosa kata siswa yang diteliti berkategori sangat baik dengan mean atau rata- rata penguasaan kosakata 74,3. Sedangkan tingkat kemampuan membuat ikhtisar bacaan siswa yang diteliti berkategori baik dengan rata-rata 71,5. Dari perhitungan koefisien korelasi ternyata diperoleh harga rxy = 1,114. harga r tabel dengan N = 30 pada taraf signifikansi 5 % = 0,361 dan taraf signifikansi 1 % = 0,463. Ternyata harga r yang diperoleh melalui perhitungan lebih besar dari rt pada taraf signifikansi 5 % (1,114 > 0,361) dan pada taraf signifikansi 1 % (1,114 > 0,463 .Berarti skor penguasaan kosa kata dengan kemampuan membuat ikhtisar bacaan adalah korelasi yang signifikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...