JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Peran Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Sebagai Agen Sosialisasi Terhadap Anak Pada Usia Golden Age

Anggun Yuhellistya (Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat)
Marleni (3Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat)
Erningsih (Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran PAUD sebagai agen sosialisasi terhadap anak usia golden age di Subarang Batuang, Kota Payakumbuh Kec. Payakumbuh Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk untuk menganalisis peran PAUD sebagai agen sosialisasi terhadap anak usia golden age dan juga menggambarkan peran PAUD sebagai agen sosialisasi pada anak usia golden age. Teori yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Khantz dan Kahn ia menyatakan perilaku individu dalam organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pemilihan informan dilakukandengan mengunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara mendalam (indepti interview). Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini mengunakan interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yaitu: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data dan (4) Penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menganalisis dan menggambarkan peran PAUD (a) membantu perkembangan motorik pada anak, (b) membantu perkembangan sosial emosi pada anak, (c) membantu perkembangan kognitif pada anak, (d) membantu perkembangan bahasa pada anak, (e) membantu perkembangan efektif pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...