JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Status Perekonomian Orang Tua, Efikasi Diri, dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa OTKP di SMKN 10 Surabaya

Moehammad Alfarizi (Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Surabaya)
Ruri Nurul Aeni Wulandari (Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan ditujukan mengetahui pengaruh antara variabel status perekonomian orang tua, efikasi diri, dan motivasi belajar untuk mengetahui sejauh mana keinginan studi lanjut pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi siswa OTKP di SMKN 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi berganda menggunakan SPSS. Dengan pengambilan sampel memakai metode Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini bahwa: 1). Tidak adanya akibat secara parsial pada variabel status perekonomian orang tua pada ketertarikan siswa dalam lanjut pendidikan pada jenjang universitas yang ditunjukkan pada hasil persentase 17,6%. 2). Adanya pengaruh secara parsial pada variabel efikasi diri pada keinginan lanjut pendidikan pada perguruan tinggi atau universitas di siswa yang ditunjukkan pada hasil persentase 77,1%. 3). Pengaruh parsial yang ada di variabel motivasi belajar memiliki ketertarikan dalam kelanjutan pendidikan di siswa dengan hasil persentase 28,6%. Kemudian 4). Adanya pengaruh secara keseluruhan/simultan variabel antara status perekonomian orang tua, efikasi diri dan motivasi belajar pada ketertarikan dalam lanjutnya jenjang pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa dengan nilai R Square sebesar 12,3%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...