JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Individual Blended Counseling Design for Disciplinary Responsibilities

Jihan Intan Ekawati (Teacher Education Study Program, Universitas Ahmad Dahlan)
Agus Supriyanto (Guidance and Counseling Study Program, Universitas Ahmad Dahlan)
Bambang Suprihatin (Tanjungsari State Vocational High School)
Nurlita Hendiani (National Narcotics Agency of the Special Region of Yogyakarta)
Mulawarman Mulawarman (Guidance and Counseling Study Program, Semarang State Univesity)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Setiap individu harus memiliki karakter tanggung jawab disiplin. Guru/konselor sekolah dapat menumbuhkan tanggung jawab disiplin melalui layanan konseling individu, bimbingan dan konseling, guru/konselor sekolah dapat menumbuhkan tanggung jawab disiplin. Konselor melakukan layanan konseling terpadu di masa pandemi atau pascapandemi. Studi literatur dengan jurnal, buku nasional dan internasional sebagai sumber data yang relevan. Studi ini menunjukkan bahwa konsep pengaturan konseling individual blended menjawab tantangan baru bagi guru bimbingan dan konseling. Konseling tidak harus tatap muka dan tidak selalu sepenuhnya online, namun guru BK dapat menyesuaikan dengan kondisi klien dan kondisi guru BK. Fasilitas konseling tatap muka, aplikasi berbasis teks dan panggilan video memiliki peran konseling campuran masing-masing. Dengan demikian, guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan konsep dan penerapan layanan konseling komposit dalam pengaturan individu untuk meningkatkan tanggung jawab disiplin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...