JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Peran Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar

Sahma Nada Afifah Ekaprasetya (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia)
Shalwa Rizkya Salsabila (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia)
Muh. Husen Arifin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2022

Abstract

Di era globalisasi, banyak pengaruh telah merambah semua aspek kehidupan. Efek ini dapat menimbulkan masalah sosial seperti individualisme, egoisme, kurangnya keterampilan komunikasi yang efektif, empati rendah, kurangnya tanggung jawab, rendahnya tingkat disiplin, dan kurangnya kerja sama dalam berinteraksi di kehidupan sosial. Pendidikan IPS memegang peranan yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa, dan dengan menguasai keterampilan sosial siswa diharapkan dapat hidup lebih praktis dan bermakna di era globalisasi. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah lain yang relevan. Sebagai hasil dari penelitian ini, upaya untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui guru dengan keterampilan sosial yang baik, serta meninjau tujuan pembelajaran IPS di SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...