JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Silaut

Yona Malya (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)
Yanti Sri Wahyuni (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)
Sri Rahayu (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buruknya cara belajar siswa dalam meningkatkan prestasi yang ingin dicapai dan masih banyak cara belajar siswa yang kurang baik sehingga masih banyak siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Silaut. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Mei 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan menggunakan teknik uji korelasi Product Moment Pearson. Jumlah sampel sebanyak 52 orang siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Silaut. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel cara belajar (X) dan variabel prestasi belajar (Y). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumen dan angket / kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan pengujian hipotesis, dengan bantuan program SPSS 16. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Silaut, dimana Rhitung 0,475 > Rtabel 0,226. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika cara belajar lebih baik maka prestasi belajar juga akan meningkat menjadi lebih baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...